This is an outdated version published on 2025-07-12. Read the most recent version.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas pajak: Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Pipit Fitri Rahayu Universitas Tridinanti
  • Royda Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Muara Enim

DOI:

https://doi.org/10.64987/jiss.v7i01.93

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Agresivitas Pajak

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumen primer periode 2022-2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 perusahaan dari jumlah populasi sebanyak 53 perusahaan, penentuan sampel dengan metode yang digunakan yaitu  purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu statistik yang digunakan yaitu SPSS (Statistical Package for Social Science). Berdasarkan analisis regresi, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak.

Published

2025-07-12

Versions

How to Cite

Pipit Fitri Rahayu, & Royda. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas pajak: Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI): Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Integritas Serasan Sekundang, 7(01). https://doi.org/10.64987/jiss.v7i01.93