MODEL BISNIS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KOPI SEMENDO di KABUPATEN MUARA ENIM
DOI:
https://doi.org/10.64987/jiss.v6i1.86Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu sektor yang mendukung perkembangan usaha kopi di Kabupaten Muara Enim. UMKM kopi berperan dalam proses peningkatan nilai tambah dan pemasaran kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis UMKM kopi di Kabupaten Muara Enim. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim pada bulan Juli-Agustus 2023. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja karena merupakan penghasil kopi robusta Semendo yang telah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis (IG). Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Data dianalisis secara deskriptif dengan Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM kopi memiliki segmentasi pelanggan masih terfokus pada penikmat kopi dan pasar lokal. Proporsi nilai yang ditawarkan adalah produk kualitas premium dengan cita rasa yang khas. Produk tersebut ditawarkan melalui saluran langsung dan tidak langsung dengan memberikan layanan personal dalam hubungan pelanggan. Arus pendapatan utama UMKM kopi adalah penjualan produk dengan sumberdaya utama berupa benda fisik, modal finansial, sumber daya manusia dan juga intelektual. Aktivitas utama yang dilakukan oleh UMKM kopi adalah pengadaan bahan baku, pengolahan menjadi produk jadi dan pemasaran. Mitra utama UMKM kopi dalam menjalankan bisnis yaitu petani kopi, instansi pemerintah dan perusahaan swasta melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Struktur biaya UMKM kopi secara umum dibagi menjadi biaya tetap dan biaya variabel
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sidiq Hanapi, Alfayanti, Leo Rio Ependi Malau, Pandu Laksono, Nur Arifatul Ulya, Ester Claudya Damayanti, Yulia Fitriani, Yulia Anita, dan Royda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

