PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TOPIK GETARAN SELARAS UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.64987/jiss.v7i01.90Abstract
Pendidikan abad ke-21 menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual tetapi juga mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada topik getaran selaras dalam mengembangkan karakter gotong royong dan bernalar kritis siswa. Penelitian menggunakan desain pre-experimental dengan model one-group pretest-posttest design dan melibatkan 50 siswa kelas VIII SMP Negeri 26 OKU sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, kuesioner, dan tes berbasis kasus, yang dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata posttest dibandingkan pretest untuk kedua dimensi karakter, yaitu gotong royong (dari 65% menjadi 85%) dan bernalar kritis (dari 60% menjadi 80%). Pembelajaran berbasis STEM yang melibatkan proyek kolaboratif dan pemecahan masalah nyata efektif dalam meningkatkan karakter siswa, terutama gotong royong. Namun, pengembangan kemampuan bernalar kritis menunjukkan peningkatan yang lebih rendah, yang mengindikasikan perlunya pendekatan yang lebih terstruktur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi STEM dapat mendukung pendidikan berbasis karakter secara efektif. Peneliti merekomendasikan pelatihan guru, pengembangan modul pembelajaran berbasis STEM, dan penelitian lanjutan dengan desain eksperimen yang lebih kuat untuk mendukung implementasi pembelajaran ini secara luas.
Downloads
Published
Versions
- 2025-10-14 (2)
- 2025-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hesti Herliantari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

